Sunday, December 13, 2009

Kwetiau / Mie / Bihun Goreng ala Grey


Kira-kira seminggu yang lalu, ada yang request resep Kwetiau Goreng waktu gue lagi confie bareng Jo, Vantaggio, Shanz, dan teman-teman yang lain. Sebenernya gue lupa siapa yang request. Seinget gue sih si Vant, tapi siapa pun itu orangnya, Maaf yah, baru hari ini gue bisa posting menu Kwetiau Gorengnya.

Gue belajar dulu bo, sama tukang kwetiau goreng. Maklum sebenernya gue kurang suka sama kwetiau.

Menu kali ini cukup flexible buat yang vegetarian atau yang pemakan segala, yang ngga doyan kwetiau atau pecinta kwetiau. Kenapa eh kenapa?? Karena bahannya kwetiaunya bisa di ganti dengan Mie atau Bihun, dan buat yang vegetarian tidak perlu memasukkan daging dan bawangnya.

Sudah siap mencoba??? Let's cook Kwetiau / Mie / Bihun Goreng ala Grey.

Bahan :
  • Mie/Bihun/Kwetiau
  • Daging / baso
  • Caisim
  • Kol
  • Tauge
  • Telur
  • Bawang putih.
  • Kecap manis + kecap asin + kecap ikan secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Vetsin sedikitttttttt aja.
  • 30ml Kaldu.
Btw, jumlah bahan-bahannya di kira-kira aja yah. Secara gue bingung ngitungnya. Gue belajar untuk bikin yang ukuran 1 porsi seh.

Cara Masak:

  1. Kocok telur yang sudah di beri sedikit garam.
  2. Panaskan minyak dan goreng telur. Angkat.
  3. Panaskan minyak kembali, masukkan irisan bawang putih. Masak hingga beraroma.
  4. Masukan daging + baso, masak hingga ½ matang.
  5. Masukan sayuran dan tambahkan sedikit kaldu / air.
  6. Masukan Mie/Bihun/Kwetiau.
  7. Tambahkan kecap manis + kecap asin secukupnya. Tambahkan pula sedikit kecap ikan.
  8. Aduk hingga berwarna coklat rata.
  9. Masukan kembali telur yang sudah di goreng sebelumnya
  10. Tambahkan sedikit vetsin.
  11. Hidangkan.
PS : Bila menggunakan Mie, mie harus di rebus dulu dengan air yang di panaskan dengan api maximal sampai kurang lebih 80% masak. Bila menggunakan Bihun, bihun juga di rendam dulu di dalam air, sehingga tidak kaku. Tapi bila menggunakan Kwetiau, bisa langsung di masak.


Grey_S

7 comments:

  1. ihhhhh sedaaaaaaaaaaaaaaappppp n gampang lagi buatnyaaaaaaaaaaaa.... :))

    ReplyDelete
  2. OK Sinyo, kapan gw dapet kiriman makanan dari Lo?? Gampangkan masaknya, sok atuh masakin buat gw.

    ReplyDelete
  3. Peringatan Pemerintah: Vetsin bisa membahayakan kesehatan dan janin!

    ReplyDelete
  4. ohhhhhhhhhh... tapi aku ga janji...ntar aku kirim resep masakan khas sinyo ijoooooooo... hihihi :))

    ReplyDelete
  5. @ Bedjo : makanya kan gw bilang vetsinnya Sediiiiiiikkiiiiiiitttt aja. Kalo ngga terpaksa gw jg jarang seh masak pake vetsin.
    Biasanya cuma pakai campuran gula + garam. Tapi kalo masak gorengan pake gula, kayaknya aneh deh.

    @ Sinyo : Gw tunggu bukti, bukan janji. OK??

    ReplyDelete
  6. jadi laper ngeliatnya! kapan yaa..makan lagi kwetiau ranto...hoh! LAPAR!

    ReplyDelete
  7. @ Life : kalo makan kwetiau Ranto, ajak-ajak yah...

    ReplyDelete